Postingan

PENDIDIKAN AGAMA

 Pendidikan Agama Islam :  - Shalat witir 1 rakaat  - Praktek Wudhu  - Membaca Al-Qur'an

MEMBAGIKAN DATA DAN INFORMASI

MEMBAGIAN DATA DAN INFORMASI Oleh : Alifta Syawa Aqidatul Wafi'ah      Pada pembelajaran Informatika kali ini, Bab yang saya pelajari di kelas adalah Bab 5. Bab tersebut berisi materi mengenai Membagikan Data dan Informasi. Untuk materi lebih lengkapnya, kamu bisa membaca materi yang telah saya rangkum dari buku paket Informatika dibawah ini.      Berikut merupakan PPT yang telah saya rangkum pada Bab 5 : Contact Person : E-mail : aliftasyawa@gmail.com Instagram : aliftasyawa_aw

GAME SEDERHANA

Gambar
 MEMBUAT GAME SEDERHANA DENGAN  PROGRAM SCRATCH      Pada konten saya kali ini, saya mencoba membuat game sederhana dengan menggunakan program scratch. Game yang telah saya buat saya beri julukan "Jump!! Panther", karena di dalam game tersebut panther yang sebagai sprite harus melompati seekor makhluk asing agar mendapatkan poin.     Berikut merupakan video hasil dari game sederhana dengan program scratch.     Game tersebut dapat berjalan dengan program sebagai berikut : Contact Person : Email : aliftasyawa@gmail.com Instagram : aliftasyawa_aw

PROGRAM FUNGSI KUADRAT

Gambar
 MEMBUAT PROGRAM FUNGSI KUADRAT  DENGAN SCRATCH      Ketika ingin membuat program untuk menyelesaikan persoalan, kamu perlu memahami persoalan tersebut terlebih dahulu dengan cara memahami input apa saja yang akan mengubah keluaran (hasil), langkah-langkah penyelesaian yang diperlukan, dan apa saja output yang diharapkan. Ketika belajar memahami langkah-langkah penyelesaian, kamu perlu juga mengenali bagian proses yang dapat dilakukan dengan lebih baik jika menggunakan bantuan komputer dibandingkan dengan cara biasa. Hal ini akan dapat memberikan inovasi hasil yang lebih baik.      Sebagai contoh, pada pelajaran matematika kamu telah belajar cara menyelesaikan permasalahan dengan fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat digambarkan dengan persamaan umum seperti berikut.                                    y = ax² + bx + c         ...

BEKERJA DENGAN SUBPROGRAM 2

Gambar
 MENGHITUNG BODY MASS INDEX (BMI)  DENGAN PROGRAM SCRATCH      Subprogram dapat dibuat dengan cara mendefinisikan blok perintah sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat suatu blok perintah, kemudian mendefinisikan hal yang dilakukan oleh blok perintah tersebut dengan cara menambahkan blok perintah yang sesuai.      Untuk menunjukkan cara membuat dan mendefinisikan blok perintah sendiri dan menggunakannya untuk memecah program, membuat ulang program menghitung body mass index (BMI). Program ini menghitung berat badan ideal dengan rumus sebagai berikut :     Berikut merupakan program dari perhitungan BMI dengan scratch.     Berikut adalah hasil dari program perhitungan BMI dengan scratch. Contact person : Email : aliftasyawa@gmail.com Instagram : aliftasyawa_aw

BEKERJA DENGAN SUBPROGRAM

Gambar
 PERHITUNGAN TABUNG  DENGAN PROGRAM SCRATCH      Pada pemrograman menggunakan pemrograman visual seperti Scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah, subprogram akan terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika subprogram menerima pesan tersebut, maka akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya.     Blok perintah di Scratch umumnya digunakan untuk mengontrol sprite. Program utama dapat mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yg menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. Hal ini memberikan kemudahan bagi programmer. Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yg berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan.        ...

SISTEM KOMPUTER

  SISTEM KOMPUTER Oleh : Alifta Syawa Aqidatul Wafi'ah Pada mata pelajaran TIK kali ini, kelas kami sedang mempelajari bab 2 yang memuat materi tentang Sistem Komputer. Saya dan teman-teman saya diberi tugas untuk merangkum bab 2, kemudian disusun dalam bentuk Power Point. Berikut merupakan rangkuman yang saya buat: