PROGRAM FUNGSI KUADRAT

 MEMBUAT PROGRAM FUNGSI KUADRAT 

DENGAN SCRATCH


    Ketika ingin membuat program untuk menyelesaikan persoalan, kamu perlu memahami persoalan tersebut terlebih dahulu dengan cara memahami input apa saja yang akan mengubah keluaran (hasil), langkah-langkah penyelesaian yang diperlukan, dan apa saja output yang diharapkan. Ketika belajar memahami langkah-langkah penyelesaian, kamu perlu juga mengenali bagian proses yang dapat dilakukan dengan lebih baik jika menggunakan bantuan komputer dibandingkan dengan cara biasa. Hal ini akan dapat memberikan inovasi hasil yang lebih baik.

    Sebagai contoh, pada pelajaran matematika kamu telah belajar cara menyelesaikan permasalahan dengan fungsi kuadrat. Fungsi kuadrat digambarkan dengan persamaan umum seperti berikut.

                            y = ax² + bx + c
                            dengan a, b, dan c adalah nilai-nilai konstanta.

    Selanjutnya, kamu akan belajar cara menyelesaikan fungsi kuadrat menggunakan program komputer yang dibuat di Scratch. Fungsi kuadrat banyak digunakan untuk menyelesaikan persoalan teknis dan bisnis yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk menentukan nilai maksimum atau minimum dari model bisnis yang ada, menentukan nilai x yang memberikan nilai y maksimum dan minimum tersebut, nilai x dan x, yang memberikan nilai y = 0, serta menentukan nilai determinan (D) fungsi untuk melihat apakah fungsi mempunyai penyelesaian atau tidak. Sebelum membuat program untuk menyelesaikan persoalan tersebut, kita harus mengetahui hal-hal semacam ini sehingga dapat menerapkannya ke dalam program.


    Berikut adalah program dari perhitungan fungsi kuadrat dengan scratch.


    Program akan dijalankan dalam video berikut.



Contact person :

Email : aliftasyawa@gmail.com
Instagram : aliftasyawa_aw

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFILE

WISATA GUNUNG KELUD

GAME SEDERHANA