BEKERJA DENGAN SUBPROGRAM
PERHITUNGAN TABUNG
DENGAN PROGRAM SCRATCH
Pada pemrograman menggunakan pemrograman visual seperti Scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah, subprogram akan terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika subprogram menerima pesan tersebut, maka akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya.
Blok perintah di Scratch umumnya digunakan untuk mengontrol sprite. Program utama dapat mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yg menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. Hal ini memberikan kemudahan bagi programmer. Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yg berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan.
Berikut adalah program dari perhitungan tabung dengan menggunakan scratch :
Program akan di jalankan dalam video berikut ini :
Komentar
Posting Komentar