IPS

 EKONOMI KREATIF




Video tersebut saya unggah pada media sosial saya, yaitu Instagram dan WhatsApp.




Pertanyaan :

1.      Tuliskan rincian  biaya yang kamu keluarkan dalam pembuatan tapai?

Jawab :      1kg singkong = Rp. 5.000

                  4 butir ragi tapai = Rp. 2.000

                  1 wadah plastik = Rp. 2.000

2.      Dimana kamu membeli bahan bahan tapai tersebut?

Jawab : Saya membeli bahan-bahan tapai di Pasar Mrican

3.      Tergolong jenis pasar apakah tempat kamu membeli bahan tapai tersebut?

Jawab : Pasar tradisional

4.      Jika tapai tersebut dijual dan kamu menginginkan laba 25 % dari biaya produksi,berapa keuntungan yang kamu peroleh?

Jawab : 5.000 + 2.000 + 2.000 x 25 %

 9.000 x 25% = 2.250

Harga jual tapai Rp. 9.000 + 2.250 = Rp. 11.250

Jadi, keuntungan yg diperoleh yaitu sebesar Rp. 2.250

5.      Bagaimana strategi pemasaran tapai produksimu yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan produk kreatif UMKM agar bisa dipasarkan di pasar internasional?

Jawab : Strategi pemasaran saya yaitu, saya akan memanfaatkan media digital dengan mempromosikan hasil produksi saya melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dll. Selain itu, saya juga akan meningkatkan kualitas produk.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFILE

WISATA GUNUNG KELUD

GAME SEDERHANA