IPA

 BIOTEKNOLOGI BIDANG PANGAN 
MEMBUAT TAPAI SINGKONG


Bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme. 

Untuk memenuhi nilai Ujian praktek, saya membuat bioteknologi pangan berupa tapai singkong. Berikut ini adalah video proses pembuatan :





Link Youtube : https://youtu.be/LYwxhGimtco



Brosur pembuatan tapai :





Pertanyaan:

1.      Mengapa dalam pembuatan tapai harus ditaburi dengan ragi? Apa saja mikroorganisme yang terdapat pada ragi tapai?

Jawab : Karena ragi adalah jamur Saccharomyces cerevisiae yang berperan dalam proses fermentasi. Mikroorganisme yang terdapat pada ragi tapai yaitu Saccharomyces cerevisiae, jamur Aspergillus sp., & bakteri Acetobacter aceti.

2.      Mengapa ragi harus ditaburkan pada saat bahan dalam keadaan dingin?

Jawab : Karena jika bahan masih dalam keadaan panas, maka ragi tidak akan berfungsi dengan baik. Mikroorganisme yang terkandung dalam ragi akan mati apabila suhu udara terlalu tinggi.

3.      Mengapa dalam pembuatan tapai harus ditutup rapat? Proses apa yang terjadi dalam pembuatan tapai?

Jawab : Dalam pembuatan tapai harus ditutup rapat, karena proses fermentasi yang dilakukan mikroorganisme dalam pembuatan tapai yaitu respirasi anaerob, artinya tidak memerlukan oksigen dalam prosesnya.

4.      Mengapa terjadi perubahan tekstur, rasa, dan aroma pada singkong atau bahan lain yang kamu pilih sebagai bahan pembuatan tapai setelah diberi ragi dan diperam selama sekitar 3 hari?

Jawab : Terjadinya perubahan tekstur, rasa, dan aroma pada singkong  karena telah terjadi proses fermentasi. Yaitu proses pemecahan/hidrolisis pati menjadi glukosa secara anaerob oleh beberapa mikroorganisme.

5.      Apa yang dapat kamu simpulkan berdasar hasil praktik yang kalian lakukan?

Jawab : Kesimpulan yang saya peroleh dari percobaan pembuatan tape yaitu pembuatan tape dilakukan dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional menggunakan ragi tape.



Contact person : 

E-mail : aliftasyawa@gmail.com

Instagram : aliftasyawa_aw


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFILE

WISATA GUNUNG KELUD

GAME SEDERHANA